Wednesday, October 28, 2015

cara memperbaiki rem cakram yang macet

cara memperbaiki rem cakram yang macet
by thio aliens


hyy guys,,,salam jumpa nih,,,salam sumpah pemuda juga nih,, hehehe yaap karena waktu sudah makin malam,,dan mata mulai agak merem nih, yaah sebelum onwer tidur nih mo kasih cerita dulu nih,, buat penghantar tidur,,, yaap khusunya buat yang lagi kesel ma sepeda motornya karena remnya tidak berfungsi ataupun roda menjadi berat untuk berputar,,mungkin nih, jadinya kesel soalnya besok pagi buat berangkat kerja,, yaa sedikit pengetahuan nih dari kang thio barang kali efektif yaaa pastinya ,, yang penting tidak ada kerusakan yang fatal ya guys di partnya,,, hemmm langsung aja uya guys,,,

pertama-tama menganalisa terlebih dahulu ya guys kerusakan yang terdapat pada rem cakram!!
kenapa di analisa kerusakan terlebih dahulu ya karena menganalisa lebih penting ya guys ketimbang pembongkaranya keran kita tau penyebab utama jadi pembongkaranya tidak sia-sia,,
biasanya analisa yang pertama
apabila roda terasa berat apabila di putar..nah yang terlebih dahulu di cari adalah faktor penyebabnya.. biasanya rem tidak berfungsi secara normal juga ada penyebnya ..biasanya yng sering terjadi adalah ketika si pengendara telah terjadi kecelakaan baik itu secara ringan ataupun saat pelepasan roda itu juga penyebab rem menjadi kencang,
nah mungkin kecelakan bisa aja jadi sumber rem menjadi tidak berfungsi secara normal,,karena mungkin piringan or disc oleng tidak rata ini bisa aja terjadi,, nah apabila faktor kecelakaan terjadi dan roda menjadi kencang tahap pertama adalah meneliti piringan tersebut,, nah keadaanya masih bagus atau sudah oleng,, apabila oleng ini susah untuk di perbaiki dan ini harus di ganti.

nah yang kedua apabila piringan masih bagus mungkin ada yang abnormal dari sistem rem tersebut,,nah biasanya piston yang terdapat di kaliper susah untuk keluar,,biasanya karena piston terdapat karat yang berlebih dan kedua biasanya adalah faktor karet atau sil yang terdapat pada piston sudah mengeras.nah tindakan selanjutnya adalah melakukan pembongkaran seperti pada gambar berikut:


setelah melakukan pembongkaran lakukan pembersihan dan penegcekan piston dari keausan. setelah semua di bersihkan kemudian di pasang kan kembali.. nah bagaimana sih cara pemasangan dan pembuangan angin yang terdapat di dalam sirkulasi minyak rem yakni dengan memompa dan membuang angin tersebut dari baut yang terdapat di rumah piston biasanya menggunakan kunci 8.

namun selain piston macet ada juga yang mempengaruhi rem menjadi abnormal yakni seal master rem atau pompa rem yang terdapat di bagian dalam penghubung handel rem,,iasanya ini juga yang sering aus dan menjadikan rem tidak berfungsi normal.
nah biasanya apabila seal master rem aus harus di ganti karena percuma kalau di perbaiki ujung-ujungnya rem menjadi tak normal lagi,,

dan yang terakhir yang tak kalah penting adalah minyak rem habis biasanya ini juga terjadi walaupun jarang terjadi,rem habis karena faktor bocor ataupun kampas menipis dan minyak pun habis untuk mendorong dari kampas tersebut,,

nah sekian dulu nih pembahasan dari kang thio semoga menjadi pengantar tidur dan artikel ini bermanfaat,
terimaksih sebelumnya.


No comments:

Post a Comment