Wednesday, November 4, 2015

cara menganti v-belt motor matic sendiri

cara menganti v-belt  motor matic sendiri
post by thio aliens


hay hay sobat,,, salam jumpa nih di bulan november,, yaaap moga postingan kali ini bermanfaat yaah..
khususnya bagi pecinta otomotif nih,, nah bagi yang gemar bongkar-bongkar sepeda motor sendiri nih kang thio akan bagi tip nih bagai mana cara membongkar v-belt sendiri (linden)..
tanpa basa basi lagi nih,yaap,, langsung aja nih..hehehehe,,,

nah sudah tahukan bagai mana cara kerja cvt ??/ yaap kan udah pernah di jelasin di postingan sebelumnya yakni dengan judul cara kerja cvt spedamotor matic naah pastinya sudah kan... ngak lama keburu ngambek ,,,
nah selain cvt ini kang thio di sini akan menjelaskan bagaimana cara kerja v-belt matic
apa sih karet v-belt atau linden
yakni suatu alat yang berbentuk ligkaran untuk menghubungkan dari pully a ke pully b v-belt ini didesain dari karet dengan campuran serat nilon yang ada di dalamnya  nah untuk v-belt pada motor matic v-belt berfungsi untuk menghantarkan tenaga dari putaran mesin ke kampas ganda..

bagai mana sih cara bongkarnya simak yuk tips dari kang thio berikut:



pertama-tama siapkan dulu alat dan bahan
-tempat/ penampan buat bahan yang sudah di bongkar ataupun baut..agar tidak tercecer.
-siapkan bensin buat pembersih
-siapkan kuas
-siapkan majun untuk pembersih
-sipakan kunci untuk membongkar
 spt:
* kuci T no 8 janagan yang murahan ya gun biar bautnya ngak cepet lecet
*kunci ring no 18-19 dan 20-22 atau kunci shock
*kunci penahan teromol cvt
* obeng +
kedua lakukan pembongkaran
-ambil kunci 8 kemudian lepas baut pengikat bak cvt dengan jumlah yang cukup banyak kemudian lepas baut pengikat yang menuju ke karet filter cvt,
-setelah baut terlepas semua kemudian tarik bak cvt,,apabila susah dengan cara menyelah tuas slahnya otomatis bak akan keluar,
-lepas baut pengikat cvt dengan kunci 20-22 yang depan dan tahan agar cvt tidak bergerak untuk mempermudah pelepasan baut.
-dilanjutkan pelepasan baut no 19 yang mengikat tromol kampas ganda.
setelah semuanya terlepas kemudian tarik cvt dan v-belt.

nah gitu ya gun,,,
kepingin tau kenapa sih v-belt perlu di ganti.. nah biasanya apabila v-belt yang sudah aus biasanya berbunyi kasar.
nah sebelum kerusakan menjadi fatal dan merusak ke part lainya di sarankan agar sesegera mungkin untuk mengantinya
biasanya harga v-belt yang jenis yamaha mio sekitar 75000 dan yang honda bervariasai untuk vario dan beat sendiri sekitar 120000

nah demikian tips dari kang thio semoga bermanfaat ya guys,,terimakasih sudah mo lihat-lihat blog kami.




1 comment: