Monday, August 3, 2015

Cara memperbaiki aki kering

cara memperbaiki baterai/aki sepeda motor (aki kering)
by thio aliens motor


pengertian aki/baterai 
baterai ialah alat untuk menyimpan sumber dari tenaga listrik dengan melalui proses elektro kimia sehingga simber dari tenaga listrik di ubah menjadi tenaga kimia dan sebaliknya dari tenaga kimia menjadi tenaga listrik.

fungsi aki/baterai
untuk memberikan sumber tenaga listrik yang cukup untuk peralatan elektro pada kendaraan
seprti halnya dinamo stater,klakson dsb.

kontruksi baterai
baterai terdiri dari beberapa sel dan setiap sel terdiri dari plat positif dan plat negatif yang terbuat dari timbal berpori tujuannya untuk mempermudah reaksi kimia pada permukaan berpori tsb.
gambar komponen aki kering

''bisahkah aki kering di perbaiki??''
tentu bisa,namun dengan syarat bahwa sel yang ada di dalam baterai masih bagus dalam artian belum rontok.
namun untuk aki/baterai kering biasanya bisa di servis apabila aki baru mati,dan tidak bisa di perbaiki apa bila melebihi dari 3 hari. dan mesin berjalan terus,karena  sel yang ada di dalam beterai tidak kuat menahan beban arus yang berlebih karena di dalam beterai sudah kering zat asam sudah tidak ada lagi.

"bagai mana cara memperbaikinya???"
pertama siapkan alat dan bahan
alat:
pisau/kater
obeng min
suntikan bekas dengan ujungnya terdapat selang kecil
multi tester
adaptor /pengisi tegangan baterai
bahan:
air zuur/
baterai


pertama ambil bahan aki kering lepas penutup yang bertuliskan DO NOT OPEN dengan mengunakan pisau,,lepas tutup lubang aki,kemudian isiskan air aki zuur dengan mengunakan suntikan dengan selang kecil karena lubang yang terdapat di baterai terlalu kecil..isikan dengan secukupnya,,kemudian setrum aki tersebut menggunakan adaptor/pengisi tengangan sampai aki benar benar terisi listrik penuh.

nah seperti itulah tutorial cara memperbaiki aki kering,semoga artikel ini bermanfaat bagi anda
namun pebaikan ini hanya berlaku sebentar dan tidak lama,,perbaikan ini hanya sementara paling kekuatan 4 bulan dan cukup untuk mengumpulkan uang untuk membeli baterai baru,,sekian dari blog saya kangthioaliens semoga bermanfaat salam otomotif,









No comments:

Post a Comment